CHAT Via WhatsApp
diposkan pada : 21-10-2022 11:20:11

Peranan HRD dalam Sebuah Perusahaan

Human Resource Development adalah Divisi Sumber Daya Manusia. Human Resources adalah sumber daya manusia. Sedangkan development adalah pengembangan, yang mana jika disatukan dalam konteks yang sama, Human Resource Development memiliki arti yang mendalam untuk membantu mengembangkan segala sumber daya yang ada di dalam setiap manusia. 

Human sangat erat kaitannya dengan pengembangan karyawan, termasuk seorang leader atau pemimpin dapat mengetahui bagaimana anak buahnya dapat berkembang. Pemimpin pasti memiliki anak buah dengan berbagai karakter. Salah satu caranya yaitu melakukan mentoring atau coaching kepada anak buah.

Human Resource Development memiliki peranan yang sangat penting bagi perkembangan manusia, terutama para karyawan di Indonesia. Itulah mengapa kita perlu memikirkan strategi-strategi penting dalam pengembangan Human Resources Indonesia, yang mana semua itu bisa dilakukan melalui pelatihan khusus untuk para karyawan yang bekerja di dalam Human Resource Department. 

Human Resource Department artinya orang-orang yang bekerja pada sebuah departemen yang bertanggung jawab dalam menangani pengelolaan SDM atau karyawan di dalam suatu perusahaan atau organisasi. Dengan kata lain, HRD artinya sebuah departemen yang terdiri dari orang-orang yang memiliki tanggung jawab untuk menyeleksi para kandidat yang berkualitas untuk bekerja di dalam sebuah perusahaan atau organisasi. 

Di dalam pelatihan ini, kami juga menyediakan program mentoring atau coaching. Mentoring atau coaching adalah suatu proses yang dapat dilihat hasilnya seperti apa dan pemimpin pun dapat melihat bagaimana anak buah dapat mengisi gap yang ada diantaranya. Dengan mentoring, leader atau pemimpin dapat membantu mengasah kemampuan anak buahnya. Proses mengasah itu membutuhkan proses, waktu, ketelitian dan yang terpenting adalah care (kepedulian). Setelah itu, baru dapat melihat hasilnya seperti apa. 

Pemimpin dapat nenjadi coach/mentor bagi anak buah, karena itu seperti melihat cermin antara diri pemimpin dan anak buah. Semua usulan, feedback dan saran menjadi cerminan bagi anak buah, begitu juga sebaliknya. Apabila cermin yang disampaikan kepada anak buah tidak tepat, maka kita sebagai pemimpin akan melihat anak buah tersebut secara salah, responnya menjadi negatif dan hasilnya pun tidak maksimal. Segala sesuatu yang berkaitan dengan performance anak buah, maka akan terlihat menjadi masalah bagi pemimpin.

Coach/mentor diharuskan dapat mengajak para anak buah untuk melihat dan mengambil kesempatan, baik itu kesempatan untuk menjadi berhasil ataupun gagal. Selain itu, dapat melihat kondisi, suasana dan strategi pada saat memberikan feedback agar anak buah terus berkembang dan berada di tempat yang maksimal. 


 

Jasa Pelatihan DiSC Personality Profile Terbaik Melayani Wilayah Serang Hub 6285890076150

Posting by Admin

Jasa Pelatihan DiSC Personality Profile Terbaik Melayani Wilayah Serang Hub 6285890076150 Problem Solving and Decision Making LGD dalam Assessment CentreLeaderless Group Discussion merupakan salah satu instrument dalam Assessment Centre agar mengetahui kompetensi Kepemimpinan pada diri setiap individu. Tools ini dibuat dengan cara Asessee diberikan kepada kelompok dan dalam 1 kelompok tidak ada Leaders atau pemimpin yang ditunjuk. Kasus atau



163 Kali